Home » » 10 Teori Belajar Menurut Ahli

10 Teori Belajar Menurut Ahli

http://yusmangulo.blogspot.com/

1. B.F. Skiner
Skinner menyatakan bahwa belajar merupakan “Tingkah laku sebagai hubungan antara perangsang (S) dan respon (R)” yang terkenal dengan teorinya yaitu Operant Conditioning Theory. Ada dua macam respon dalam kegiatan belajar
Respondent response reflexive respons, bersifat spontan atau dilakukan secara reflek, diluar kemampuan seseorang. Dalam situasi yang demikiasn seseorang cukup belajar dengan stimulus yang diberikan dan ia akan memberikan respons yang sepadan dengan stimuli yang datang.

Operant Response (Instrumental Response), respon yang timbul dan berkembangnya dikuti oleh perangsan-perangsang tertentu. Perangsang yang demikian disebut dengan reinforcing stimuli atau reinforcer, karena perangsang ini memperkuan respons yang telah dilakukan oleh organisme.
Prosedur pembentukan tingkah laku dalam operant response secara sederhana adalah sebagai berikut :
Mengidentifikasi hal-hal apa yang merupakan reinforcer bagi tingkah laku yang akan dibentuk.
Menganalisa, dan selanjutnya mengidentifikasi komponen-komponen itu lalu disusun dalam urutan yang tepat untuk menuju kepada terbentuknya tingkah laku yang dimaksud.
Berdasarkan urutan komponen-komponen itu sebagai tujuan sementara, mengidentifikasi reinforcer untuk masing-masing komponen-komponen itu.
Melakukan pembentukan tingkah laku, dengan mengunakan urutan yang telah disusun. Kalau komponen pertama telah dilakukan, maka hadiahnya (reinforcer) diberikan. Kemudian komponen kedua, jika yang pertama sudah terbentuk, yang kemudian diberi hadiah pula (komponen pertama tidak memerlukan hadiah lagi)

2. Pavlov
Dalam teorinya Pavlov menyatakan bahwa gerakan refleks itu dapat dipelajari dan dapat berubah dengan melakukan latihan. Refleks dibagi menjadi dua bagian, yaitu refleks wajar (unconditioned reflex) dan refleks bersyarat (conditioned reflex). Refleks wajar, refleks yang terjadi dengan sendirinya saat diberikan rangsang, sedangkan refleks bersyarat adalah refleks yang harus dipelajari.
Menurut teori conditioning, belajar adalah suatu proses perubahan yang terjadi karena adanya syarat-syarat (conditions), dapat berupa latihan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menimbulkan reasksi (response).
Kelemahannya adalah menganggap bahwa belajar adalah hanyalah terjadi secara otomatis dan lebih menonjolkan peranan latihan-latihan, dimana keaktifan dan pribadi seseorang tidak dihiraukan.

3. Guthrie
Teori yang dikemukakan oleh Guthrie adalah teori conditioning yang menitikberatkan pada cara-cara atau upaya tertentu untuk mengubah kebiasaan yang kurang baik menjadi kebiasaan yang baik. Menurut Guthrie tingkah laku manusia itu adalah merupakan deretan-deretan tingkah laku yang terdiri dari unit-unit. Unit-unit tingkah laku ini merupakan respons atas rangsangan ang terjadi sebelumnya dan menjadi rangsang berikutnya.
Beberapa metode yang disarankan Guthrie untuk mengubah tingkah laku atau kebiasaan-kebiasaan adalah
Metode Reaksi Berlawanan (Incompatible Response Method)
Dasar pemikiran metode reaksi berlawanan adalah bahwa manusia adalah merupakan organisme yang selalu bereaksi terhadap rangsang-rangsang.
Metode Membosankan (Exhaustion Method)
Hubungan asosiasi antara rangsang dengan reaksi pada tingkah laku yang buruk dibiarkan sampai kemudian menjadi bosan atas keburukannya.
Metode Mengubah Lingkungan (Change of Enviromental Method)
Adalah cara yang digunakan dengan memutuskan hubungan rangsang antara rangsang dengan respons yang buruk yang akan dihilangkan.

4. E.L. Thorndike
Thorndike menyatakana ada 2 prinsip belajar, yaitu law of effect dan law of exercise, yang terangkum dalam teorinya yaitu The Connectionism Theory.
Law of Effect
Adalah prinsip yang menyatakan bahwa seseorang dapat dengan cepat menguasai perilaku baru, apabila ia merasa memperoleh susuatu yang menyenangkan, memuaskan ketika melakukan perbuatan (response) yang berkenaan dengan perilaku tersebut di atas.
Law of Exercise
Adalah prinsip yang menyatakan bahwa makin sering perilaku baru itu dipraktekkan atau dilatih penerapannya makin kuat dan makin cepat berintegrasi dengan keseluruhan perilaku kebiasaannya.

5. Clark C. Hul
Dalam teorinya ia mengatakan bahwa suatu kebutuhan harus ada pada diri seseorang yang sedang belajar, kebutuhan itu dapat berupa motif, maksud, ambisi, atau aspirasi. Dalam hal ini efisiensi belajar tergantung pada besarnya tingkat pengurangan dan kepuasan motif yang menyebabkan timbulnya usaha belajar individu.
Prinsip penguat (reinforcer) menggunakan seluruh situasi yang memotivasi, mulai dari dorongan biologis yang merupakan kebutuhan utama seseorang sampai pada hasil-hasil yang memberikan ganjaran bagi seseorang. Jadi pada diri seseorang harus ada motif sebelum belajar terjadi atau dilakukan.

6. Piaget
Piaget mengemukakan aspek-aspek perkembangan intelektual anak sebagai berikut:
Aspek struktur
Ada hubungan fungsional antara tindakan fisik, tindakan mental, dan perkembangan berpikir logis anak-anak. Tindakan-tindakan menuju perkembangan operasi-operasi dan selanjutnya menuju pada perkembangan struktur-struktur. Struktur yang juga disebut skemata atau juga biasa disebut dengan konsep, merupakan organisasi mental tingkat tinggi.
Aspek isi
Isi maksudnya adalah pola perilaku anak khas yang tercermin pada respons yang diberikannya terhadap berbagai masalah atau situasi yang dihadapinya.
Aspek fungsi
Fungsi adalah cara yang digunakan organisme untuk membuat kemajuan intelektual. Perkembangan intelektual didasarkan pada dua fungsi yaitu organisasi dan adaptasi.

7. Jerome S Bruner
Bruner menyatakan bahwa inti belajar adalah bagaimana orang memilih, mempertahankan, dan mentransformasikan informasi secara aktif. Menurut Bruner selama kegiatan belajar berlangsung hendakanya siswa dibiarkan untuk menemukan sendiri (discovery learning) makna segala sesuatu yang dipelajari. Dalam hal ini siswa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk berperan dalam memecahkan masalah. Dengan cara tersebut diharapkan mereka mampu memahami konsep-konsep dalam bahasa mereka sendiri.

8. Robert M Gagne
Gagne mengemukakan ada lima kemampuan hasil belajar yaitu tiga bersifat kognitif, satu bersifat afektif, dan satu bersifat psikomotorik. Kemampuan itu adalah
Kemampuan /keterampilan intelektual
Mampu menggunakan hal yang kompleks dalam suatu situasi baru dimana diberikan sedikit bimbingan dalam memilih dan menerapkan aturan-aturan dan konsep-konsep yang telah dipelajarinya sebelumnya.
Kemampuan yang berhubungan dengan sikap atau mungkin sekumpulan sikap yang dapat ditunjukkan oleh perilaku yang mencerminkan pilihan tindakan terhadap kegiatan-kegiatan IPA
Kemampuan informasi verbal
Keterampilan motorik
Bertolak dari model belajarnya, Gagne mengemukakan delapan fase dalam satu tindakan belajar (learning act). Fase-fase itumerupakan kejadian-kejadian eksternal yang dapat distruktur oleh siswa (yang belajar) atau guru. Fase-fase tersebut adalah:
Fase motivasi
Dimotivasi untuk belajar bahwa belajar akan memperoleh hadiah
Fase pengenalan
Memberikan perhatian pada bagian yang esensial dari suatu kejadian instruksional
Fase perolehan
Jika sudah mendapatkan informasi yang relevan, maka telah siap untukmenerima pelajaran
Fase retensi
Informasi harus dipindahkan dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.
Fase pemanggilan
Memperoleh hubungan antara informasi yang telah kita pelajari dengan informasi yang telah dipelajari sebelumnya
Fase generalisasi
Proses transfer informasi pada situasi-situasi baru.
Fase penampilan
Siswa harus memperlihatkan bahwa mereka telah belajar sesuatu melalui penampilan yang tampak
Fase umpan balik
Siswa memperoleh umpan balik dari penampilan mereka

9. David Ausubel
Ia mengemukakan teori belajar yaitu teori belajar bermakna. Belajar dapat diklasifikasikan dalam dua dimensi, yaitu:
Dimensi yang berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan
Dimensi yang menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengabaikan informasi pada struktur kognitif yang ada. Struktur kognitif adalah fakta, konsep, dan generalisasinya yang telah dipelajari dan diingat siswa.
Dalam implementasinya, teori ini terdiri dari dua fase, aitu mula-mula ia menyangkut pemberian “the organizer” atau materi pendahuluan diberikan sebelum kegiatan berlangsung dan dalam tingkat abstraksi. Fase berikutnya dimana organisasinya lebih spesifik dan terarah.

10. Teori Psikologi Gestalt
Teori ini disebut juga field theory atau insight full lerning. Menurutnya manusia bukan hanya sekadar makhluk reaksi yang hanya berbuat atau bereaksi jika ada rangsang yang mempengaruhinya. Manusia adalah individu yang mempunyai kebulatan antara jasmani dan rohani. Secara pribadi manusia tidak secara langsung bereaksi kepada rangsang, dan tidak pula reaksi itu dilakukan secara tidak terarah, tidak pula dilakukan dengan cara trial and error.
Reaksi yang dilakukan manusia tergantung pada rangsang dan bagaimana motif-motif yang terdapat pada dirinya. Manusia adalah makhluk yang memiliki kebebasan.

27 komentar:

Anonim mengatakan...

My spouse and I stumbled over here from a different web address and thought I should
check things out. I like what I see so now i'm following you. Look forward to going over your web page again.

Also visit my web blog ... Buy cheap social Bookmark

Anonim mengatakan...

Hi there friends, pleasant paragraph and pleasant urging commented at this place, I am in fact enjoying by these.


Here is my page World Of Tanks Hack

Anonim mengatakan...

Greetings from California! I'm bored to tears at work so I decided to browse your blog on my iphone during lunch break. I enjoy the knowledge you present here and can't
wait to take a look when I get home. I'm amazed at how quick your blog loaded on my mobile .. I'm not even using WIFI,
just 3G .. Anyhow, great site!

Also visit my web blog ... tigari electronice online

Anonim mengatakan...

Greetings from Idaho! I'm bored at work so I decided to browse your website on my iphone during lunch break. I love the knowledge you present here and can't wait to take a look when I get home.
I'm shocked at how quick your blog loaded on my phone .. I'm not even using WIFI, just
3G .. Anyhow, very good blog!

Review my site - permanent hair straightening

Anonim mengatakan...

It's awesome to pay a visit this web site and reading the views of all colleagues about this piece of writing, while I am also eager of getting know-how.

My weblog; coconut oil for hair

Anonim mengatakan...

Greetings I am so delighted I found your webpage, I really found
you by mistake, while I was browsing on Bing for something else, Anyways I am here now and would just like
to say cheers for a incredible post and a all round interesting blog (I also
love the theme/design), I don’t have time to browse it all
at the minute but I have bookmarked it and also added your RSS feeds,
so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the fantastic jo.


Feel free to visit my webpage ... Permanent Hair Straightening

Anonim mengatakan...

Howdy! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new project in a
community in the same niche. Your blog provided us beneficial
information to work on. You have done a outstanding job!


my web blog 7 Zip download

Anonim mengatakan...

I'm extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the excellent quality writing, it's rare to see a great blog like this one nowadays.


my homepage ... ps3 jailbreak

Anonim mengatakan...

Hey! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
Is it tough to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out pretty fast. I'm thinking about creating my own but I'm not sure where to start. Do you have any ideas or suggestions? Appreciate it

Feel free to visit my weblog; diaper rash remedies

Anonim mengatakan...

I am curious to find out what blog system you are working with?
I'm experiencing some small security problems with my latest site and I'd like to find something more safe.

Do you have any suggestions?

Here is my web blog - http://nevafay.momaroo.com

Anonim mengatakan...

Thanks for sharing your thoughts about diarrhea remedies.
Regards

Here is my web blog: http://rubinarmi.lovelyish.hk/772736129/diarrhea-in-young-children/

Anonim mengatakan...

I've been exploring for a little for any high-quality articles or blog posts in this sort of house . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this site. Reading this info So i'm glad to express that I've an incredibly excellent uncanny feeling I found out just what I needed. I most without a doubt will make sure to don?t fail to remember this site and provides it a look regularly.

Here is my blog post :: Stretch Marks

Anonim mengatakan...

I simply could not leave your website before suggesting that I
really loved the standard information a person supply in your visitors?
Is gonna be back regularly to check out new posts

Here is my web-site :: com.my

Anonim mengatakan...

I've been exploring for a bit for any high quality articles or weblog posts in this sort of house . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this website. Studying this info So i'm happy to
convey that I've an incredibly good uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I so much surely will make sure to do not omit this web site and give it a look regularly.

Here is my blog post :: Psn Code Generator

Anonim mengatakan...

Appreciate the recommendation. Will try it out.

Also visit my homepage - Generateur De Code PSN

Anonim mengatakan...

Link exchange is nothing else but it is simply placing
the other person's website link on your page at proper place and other person will also do same in support of you.

Here is my web site - PS3 Jailbreak 4.41

Anonim mengatakan...

Awesome blog you have here but I was curious if
you knew of any community forums that cover the same topics discussed in this article?
I'd really like to be a part of community where I can get advice from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Thank you!

Look into my blog Eco Sanctuary

Anonim mengatakan...

Good day! I could have sworn I've been to this web site before but after browsing through many of the articles I realized it's new to me.
Regardless, I'm definitely pleased I found it and I'll be book-marking it and checking back regularly!


Here is my web-site ... microsoft points

Anonim mengatakan...

Wonderful web site. Plenty of helpful information here.
I am sending it to several pals ans also sharing in delicious.
And of course, thank you for your effort!

my homepage Psn Code Generator

Anonim mengatakan...

I drop a leave a response each time I like a post on a website
or if I have something to contribute to the discussion.

It is a result of the fire displayed in the post I looked at.
And after this post "10 Teori Belajar Menurut Ahli".
I was actually moved enough to drop a thought ;-) I do have a couple of questions for you if you
usually do not mind. Could it be just me or do some of these comments come across like coming
from brain dead individuals? :-P And, if you are writing at other places, I would like to keep up with everything new you have to post.
Could you list all of your social sites like your linkedin
profile, Facebook page or twitter feed?

Here is my webpage League Of legends Hack

Anonim mengatakan...

Hello there, I discovered your web site via Google while searching
for a related matter, your website came up, it looks great.
I have bookmarked it in my google bookmarks.
Hi there, just became aware of your weblog through
Google, and located that it is truly informative.
I am gonna watch out for brussels. I will appreciate for those who
proceed this in future. Numerous folks will probably be benefited
out of your writing. Cheers!

Feel free to visit my web-site - the Interlace

Anonim mengatakan...

Why people still use to read news papers when in this technological world everything is accessible
on web?

Also visit my web page - Psn Code Generator

Anonim mengatakan...

I got this web site from my buddy who told me on the topic of this website
and now this time I am visiting this site and reading very
informative articles at this place.

Also visit my blog post ... Minecraft Gift Code Generator

Anonim mengatakan...

Howdy just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the
images aren't loading properly. I'm not sure why but I think its a
linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same outcome.

Feel free to visit my homepage - Free Psn Codes

Anonim mengatakan...

Great work! That is the kind of info that are meant to be shared around the web.
Shame on Google for no longer positioning this submit higher!
Come on over and discuss with my web site . Thanks =)

Have a look at my blog post Dragon City Hack []

Anonim mengatakan...

Everything is very open with a really clear explanation of the challenges.
It was really informative. Your site is very helpful.
Thank you for sharing!

Here is my website :: Minecraft Crack

Anonim mengatakan...

Great post. I used to be checking constantly this weblog and I am
inspired! Very useful info specially the last section :) I deal with such info much.
I used to be looking for this certain information
for a very long time. Thank you and good luck.


Look into my site ... Ps3 jailbreak download

 
Copyright © 2013. Yusman Gulo - All Rights Reserved
Powered by Blogger